Lebaran, Sebuah Fenomena Menarik di Indonesia

Lebaran, sebutan lain bagi orang Indonesia untuk hari raya Idul Fitri, bila kita sering perhatikan, akan menjadi sesuatu yang menarik untuk diperhatikan. Mengapa demikian? Salah satu contohnya, pernahkah terpikirkan oleh Anda, apa alasan bagi kebanyakan orang membeli sebuah baju baru pada saat bulan Ramadhan, khususnya pada saat-saat menjelang Ramadhan berakhir? “ Untuk lebaran “, mungkin jawaban seperti itulah yang akan Anda terima. Atau jangan-jangan Anda sendiri bila diajukan pertanyaan demikian, akan menjawab hal yang sama.
Di Indonesia, hal-hal menarik seperti itu memang kerap terjadi. Salah satu contoh lain adalah tradisi mudik. Mungkin di negara lain, tradisi seperti ini jarang atau bahkan tidak menarik untuk di bahas. Mengapa membeli baju harus pada saat akan menjelang lebaran? Apakah sudah menjadi suatu kewajiban, bahwa setiap lebaran harus membeli baju baru? Apakah harus membeli atau membuat kue-kue? Mungkin seperti itulah berbagai pertanyaan yang ada di benak Anda ketika melihat bagaimana masyarakat berlomba-lomba menyerbu toko-toko, baik itu pakaian, kue, dan lain-lain.
Sepertinya semua sudah setuju bahwa pada saat lebaran kita harus memakai baju baru, atau membuat kue-kue. Alasan-alasan seperti inilah yang mungkin menjadi dasar bagi para pedagang, baik yang memang sudah lama menjadi pedagang atau bahkan yang mendadak menjadi pedagang untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dimana-mana pasar kaget, atau apa pun namanya, yaitu pasar yang hanya ada pada saat bulan Ramadhan, bermunculan. Di pasar seperti inilah, harga yang ditawarkan sangat bersahabat bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan berada di level menengah ke bawah. Walaupun begitu, toko-toko yang sudah mempunyai nama pun, tak ketinggalan diserbu oleh para pemburu baju baru. Bahkan ada sebuah pemandangan unik pada sebuah toko yang memang sangat diminati, khususnya kalangan anak muda, ketika kita memasuki toko itu, ternyata kita hanya diberi waktu setengah jam untuk membeli atau sekedar melihat-lihat. Kapan ini terjadi? Ya, pada saat menjelang lebaran. Bila harus mengutip kata-kata yang diucapkan presenter sebuah stasiun televisi swasta, maka saya pun akan berucap, “ini nyata, hanya di Indonesia”.

No Response to "Lebaran, Sebuah Fenomena Menarik di Indonesia"

Poskan Komentar