ANALISIS JURNAL : PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk.

Didin Mukodim
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma

Latar Belakang
Dunia usaha, baik produksi maupun jasa selalu dihadapkan dengan persaingan. Untuk mengatasi persaingan, perusahaan menempuh berbagai cara dan strategi untuk menyampaikan hasil produksinya dengan cepat, tepat, cermat, hemat dan memuaskan ke tangan konsumen. Strategi pemasaran juga disesuaikan dengan kemampuan dana perusahaan melalui bauran pemasaran, yaitu faktor produk, harga, distribusi, dan pemasaran. Kegiatan pemasaran harus dilakukan sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu memperoleh keuntungan dengan mengadakan kegiatan promosi yang terarah, terencana, dan terpadu, sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Masalah
Promosi yang tidak terkendali akan menurunkan tingkat penjualan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk promosi merupakan pemborosan, suatu hal yang tidak diinginkan suatu perusahaan. Sedangkan saluran distribusi dipakai oleh semua perusahaan untuk memproduksi barang dengan kualitas yang baik, namun ada pula yang gagal memenuhi target pasarnya. Keadaan ini disebabkan karena kebijakan distribusi yang kurang tepat sehingga barang yang dihasilkan kurang laku dipasar dan menyebabkan banyak konsumen merasa kurang puas. Dengan demikian saluran distribusi memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Tujuan
Pada penulisin ini akan dianalisis mengenai pengaruh biaya promosi dan distribusi terhadap penjualan pada produk-produk PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.


Hasil
Dari hasil perhitungan uji korelasi diperoleh bahwa nilai signifikan biaya promosi sebesar 0.000 dan nilai signifikan untuk biaya distribusi sebesar 0.004, maka biasa dikatakan nilai p = 0.000 atau p < 0.05 yang artinya kedua variabel menolak Ho, dan arah hubungan positif. Hal ini menunjukkan semakin besar biaya promosi dan biaya distribusi akan membuat penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. cenderung meningkat. Sedangkan dengan menggunakan tabel Anova diperoleh nilai F hitung sebesar 20.906, dan nilai F tabel dengan menggunakan taraf nyata 5% serta df1 = 2 dan df2 = 5 adalah F (0.05, 2.5)= 5.786,maka F hitung = 20.906 > F tabel 5.79, Ho ditolak. Artinya biaya promosi dan biaya distribusi benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan. Walaupun dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh terhadap tingkat penjualan, tentunya masih ada faktor lain mengingat hasil koefisien penentunya adalah 94.5%, dengan kata lain konsumen akan memilih produk tersebut karena memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.




Metodologi
Obyek penelitian adalah PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. yang beralamat di Gedung Ariobimo Sentral, Jl. H. Rasuna Said, Jakarta. Data yang didapat merupakan data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan melalui situs internet www.jsx.co.id atau dengan mencari situs dari PT. Indofood Sukses Makmur pada periode 1999-2006.
Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu menganalisis masalah dengan cara mendeskripsikannya melalui tabel, grafik dengan menggunakan software SPSS dan analisa kuantitatif, yaitu menganalisis masalah dengan menggunakan teknik-teknik kuantitatif, berikut analisis regresi dan korelasi berganda dengan level signifikansi sebesar 5% atau 0.05 serta menggunakan hipotesa sebagai berikut :
Ho : Tidak ada hubungan antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan
Ha : terdapat hubungan antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan
Dengan ketentuan, bila hasil yang diperoleh adalah t-hitung > t-tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan dan pengaruh antara biaya promosi dan biaya distribusi (variabel bebas) dan penjualan (variabel terikat). Adapun berdasarkan probabilitas, jika probabilitas > 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

No Response to "ANALISIS JURNAL : PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk."

Poskan Komentar