Menulis Merupakan Proses Bernalar

Menulis merupakan salah satu kegiatan manusia untuk mencurahkan atau menumpahkan segala sesuatu yang ada dalam pikirannya. Menulis juga merupakan cara mengekspresikan keadaan atau kondisi yang sedang dialami oleh seseorang. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari menulis tadi, bahkan juga hasil tulisan tersebut bisa mendatangkan rezeki bagi para penulisnya.. Anda tentu masih ingat bagaimana larisnya novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan yang lainnya, sampai-sampai kisah dalam novel tersebut di angkat kisahnya
Tentunya menulis yang baik itu membutuhkan proses yang benar,alias tidak asal-asalan agar sesuai dengan tujuan dan tidak sampai orang lain salah tanggap dengan hasil tulisan kita. Perlu pemikiran yang benar dan ilmu yang tepat sehinngga hasil tulisan tersebut dapat bermanfaat. Disinilah nalar kita akan digunakan untuk mencerna mana yang baik dan mana yang kurang baik. Dari hasil bernalar itu, manusia menuangkannya ke dalam suatu media yang dianggap tepat untuk hasil penulisannya itu.
Penalaran sendiri merupakan proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasi empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui.
Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan menulis merupakan suatu proses bernalar, karena merupakan proses berpikir dalam mencerna sesuatu yang dihasilkan dari pengamatan panca indera kita. Jika saja kita tak menggunakan nalar kita dalam menulis sesuatu, tidak mustahil hasil tulisan kita tidak akan memberikan manfaat bahkan membuat orang bisa salah paham dengan apa yang kita tulis.

No Response to "Menulis Merupakan Proses Bernalar"

Poskan Komentar